Sejarah & Induk Organisasi Renang Nasional Internasional

Sejarah & Induk Organisasi Renang Nasional Internasional - Renang merupakan salah satu cabang olahraga yang dilombakan dalam kejuaraan Dunia seperti olimpiade. Renang mempunyai Induk organisasi Dunia atau Internasional, Induk organisasi renang dunia adalah Fédération Internationale de Natation, disingkat FINA yang bermarkas di Laussane, Swiss.


Sejarah dan Induk Organisasi Renang Dunia :

 

Induk organisasi renang dunia ini didirikan pada 19 Juli 1908 di sebuah hotel Manchester, pendirian FINA ini bertepatan dengan diadakannya Olimpiade London 1908. Saat ini FINA didirikan pertama kali oleh delapan negara yaitu Jerman, Belgia, Denmark,Britania Raya, Finlandia, Perancis, Hongaria, dan Swedia. Namun saat ini Anggota FINA menjadi 197 negara dari seluruh dunia.

Kejuaraan Dunia FINA

 

Selam, Renang, Renang perairan terbuka, Renang indah, dan Polo air. Kolam yang dipakai untuk pertandingan adalah kolam renang dengan panjang lintasan 50 m.

Kejuaraan Dunia Renang FINA (25 m)


Kejuaraan Dunia FINA khusus renang di kolam renang lintasan pendek 25 m. Kejuaraan ini diadakan setiap dua tahun sekali pada tahun genap.

Kejuaraan tahunan :
Liga Dunia Polo Air
Piala Dunia Polo Air FINA
Piala Dunia Renang FINA
Diving Grand Prix
Piala Dunia Marathon:
Grand Prix Perairan Terbuka FINA: lomba renang di atas 10 km
Piala Dunia Renang Marathon FINA 10 km.

Kejuaraan lain :
Kejuaraan Dunia Renang Perairan Terbuka (tahunan)
Kejuaraan Dunia FINA Masters (dwitahunan)
Kejuaraan Renang Indah
Kejuaraan Dunia Renang Kelompok Umur (dwitahunan, sejak Agustus 2006)
Kejuaraan Dunia Selam Junior

Sejarah dan Induk Organisasi Renang Indonesia :


Induk organisasi renang Indonesia adalah Persatuan Renang Seluruh Indonesia atau yang disingkat PRSI. Induk renang nasional ini didirikan pada tahun 21 Maret 1951 di Jakarta, saat itu diketuai oleh Prof. dr. Poerwo Soedarmo. Untuk melihat sejarah renang Indonesia Anda dapat melihat lebih lengkap di Wikipedia di link ini.

Baca juga: Teknik Dasar Sepak Takraw

Organisasi renang Indonesia saat ini diketuai oleh Sandiaga S.Uno. Pemilihan Sandiaga S.Uno dimulai pada tahun 2013 lalu. Dalam bidang ini Indonesia sebenarnya cukup baik dengan memperoleh beberapa medali emas baik di seagames maupun asen games. Berikut ini beberapa pejabat yang pernah menjadi ketua PRSI.

  1. Jakarta
    1951
    Prof. dr. Poerwo Soedarmo
  2. Bandung
    1954
    D. Soeprajogi
  3. Cirebon
    D. Soeprajogi
  4. Makassar
    1957
    D. Soeprajogi
  5. Malang
    D. Soeprajogi
  6. Jakarta
    1963
    D. Soeprajogi
  7. Jakarta
    1968
    D. Soeprajogi
  8. Poernomo Yusgiantoro
  9. Jakarta
    2009
    Hilmi Panigoro
  10. Bogor
    2013
    Sandiaga S. Uno

Sejarah renang Indonesia dan dunia di atas merupakan informasi terbaru yang diambil dari beberapa sumber seperti wikipedia.

0 Comments

Posting Komentar